Sunday, September 22, 2013

Teknologi pembaca gelombang otak

Bermain gim video bisa membuat jari-jari pegal. Problem itu dapat dihindari jika menggunakan headset yang dapat mengukur gelombang otak manusia.

Headset itu juga dapat berinteraksi dengan aplikasi yang dipasang di komputer. Menurut situs Telegraph, teknologi tersebut dikembangkan oleh perusahaan chip Amerika Serikat (AS), Neurosky dan diintegrasikan dalam produk bernama MindWave Mobile.

Produk itu merupakan antarmuka komputer otak yang memungkinkan pengguna memakai headset untuk berinteraksi dengan aplikasi di komputer dan perangkat lain tanpa menggerakkan satu jari pun. Itu sebabnya jari-jari gamer tidak akan pegal apabila memakai headset tersebut.

Headset MindWave dapat digunakan untuk mengendalikan helikopter mainan lewat pikiran. "Chip yang dipasang di headset mengukur sinyal gelombang otak dan mentransfer data via bluetooth agar dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan pengguna komputer atau perangkat bergerak lain," kata perwakilan dari Neurosky Cabang Taiwan, Giant Lin.


"Ini mengagumkan. Headset dapat mendeteksi apa yang Anda pikirkan. Mungkin Anda dapat menggunakan gelombang otak untuk mengendalikan mobil. Itulah teknologi," cetus salah seorang pengunjung pameran Computex, Alpha Alexander Atega, yang melihat demo headset.

0 comments:

Post a Comment